Presidium, Sterring Dan Komite: Pengertian, 5 Struktur

Contoh presidium
Contoh Presidium (Foto: halokakros.com)

Presidium, istilah yang sering membuat kita salah kaprah dengan beberapa istilah lain, yang mana terdapat perbedaan signifikannya. Terdapat pembahasan mengenai pengertian hingga pemakaian istilah tersebut. Ayu Maesaroh – organisasi.co.id

Hai, kembali dengan tulisan yang selalu berusaha memberikan wawasan kepada kalian. Karena dengan wawasan, kita bisa lebih objektif dalam menanggapi suatu hal, benar bukan?

Bacaan Lainnya

Apalagi jika suatu hal tersebut, ternyata memiliki jalur penyelesaian yang teramat rumit, bahkan membuat kepala sakit, dan terkadang membuat jidat seraya ikut mengeryit.

Tapi mau bagaimana lagi, semua sudah memiliki jalan penyelesaiannya sendiri, dan kita sudah seharusnya menyelesaikannya dengan cara tersebut.

Namun, dalam artikel kali ini, bukan hal tersebut yang ingin menjadi titik pembahasan. ialah Presidium, yang mana kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk membuktikan sebuah penelitan mengenai sesuatu yang menjadi penelitian oleh para akademisi.

Istilah Sterring, Komite dan Presidium

Presidium
Contoh Presidium bentuk sidang (Foto: bahanamahasiswa.co)

Mungkin kita sudah tidak asing dengan beberapa istilah seperti presidium, sterring, ataupun komite. Ketiganya adalah beberapa istilah yang sering melekat pada dunia organisasi. Sebab pada hakikatnya, ketiga nama tersebut terpakai sebagai pimpinan sidang sebagai bagian utama pleno maupun paripurna.

Antara ketiganya adalah istilah, yang mana sama-sama mengurus sebuah organisasi, dengan tujuan yang sama, serta dengan aturan yang juga ada pada setiap ketiga istilah tersebut.

Namun untuk peraturannya sendiri dan keterkaitan antara aturan satu dengan yang lain memang berbeda-beda levelnya.

Untuk komite, mereka sangat terikat dengan peraturan yang ada. Ada sebuah acuan yang harus selesai dalam jangka waktu masa tertentu.

Seperti contohnya adalah Komite Sekolah, yang mana di dalamnya, mereka melaksanakan berbagai kegiatan yang mana sudah harus selesai sebelum tenggang waktu yang telah berlaku.

Organisatoris lain baca ini: 5 Metode Pada Susunan Materi Pengkaderan

Adapun kata dengan penyebutan sterring, atau yang terkenal dengan steering comitee. Orang-orang yang berada di sterring tersebut, bukanlah orang-orang yang tidak bisa kita katakan sembarangan.

Mereka adalah seorang analisa, yang mana mereka akan memberikan masukan kepada orang-orang yang akan melaksanakan sebuah kegiatan tertentu.

Mereka akan melihat dari segi keamanan, keberhasilannya, dan sebagainya. Maka, untuk peraturannya sendiri untuk mereka, tidak terlalu kuat mengikatnya.

Sedangkan presidium, mereka juga mengurusi organisasi, dengan tujuan yang sudah mereka tentukan. Namun mereka tidak memiliki aturan pasti, mengenai siapa yang harus mengisi jabatan tertentu, dan sebagainya.

Arti Steering

Contoh sterring comitee (Foto: tacticalprojectmanager.com)

Sebenarnya steering memiliki kata dasar steer. Anda ketahui steer artinya apa? Nah benar “setir atau kemudi” kendaraan. Yang akan mengarahkan arah kendaraan ke kiri atau kekanan. Dengan penambahan kata kerja “ing” dalam Bahasa Inggris, berarti “menyetir”.

Dengan demikian steering adalah upaya mengendalikan dan “mengemudikan” pertemuan.

Untuk sterring atau yang terkenal dengan nama sterring comitee atau singkatannya SC, adalah organisasi yang terdiri dari beberapa anggota.

Kenapa ada penambahan komite, pada kata steering?

Untuk menghindari seorang yang melakukan penyetiran perbuatan otokratik dalam memutuskan sebuah kebijakan dalam pertemuan. Sehingga dengan demikian, badan ini membutuhkan beberapa orang dan berjumlah ganjil.

Dan mereka mempunyai tugas, yakni memberikan masukan kepada seseorang ataupun organisasi lain, yang ingin melakukan sebuah kegiatan tertentu.

Biasanya dengan menggunakan sterring ini, kualitas daripada kegiatan yang berlangsung, akan lebih baik ketimbang tidak menggunakan sterring.

Namun, hal ini tergantung dengan skala daripada kegiatan yang akan terselenggara. Mengingat ada beberapa kegiatan yang tidak memerlukan konsultasi dengan para sterring ini.

Komposisi Steering

Menjadi pertanyaan mendasar, berapa jumlah orang atau komposisi dalam susunan struktur sreering committee. Pada dasarnya, memiliki jumlah harus ganji. dan bukan 1. Atau 3,5,7 dan seterusnya.

Meski jumlahnya tidak terbatas, namun dalam penerapannya pengendali ini rata-rata menggunakan jumlah 3 hingga 7 orang. Meskipun juga ada yang menggunakan 9 orang. Tergantung kebutuhan.

Dalam pelaksanaannya, komposisi Steering Committee hanya dua, yakni:

  1. Koorster, atau koordinator steering. Bertindak sebagai pimpinan atau penanggung jawab.
  2. Anggota, atau persona. Yang merupakan orang yang membantu koorster dalam menjalankan tugas.

Dengan komposisi ganjil, bermakna bahwa anggota bisa merubah kebijakan pimpinan steering. Jika melanggar aturan. Hal ini bermakna bahwa koordinator tidak boleh mengambil kebijakan mutlak. Secara subjektif.

Tugas Sterring

Terdapat beberapa tugas daripada pengemudi pertemuan ini, yakni:

Konsultan

Tugas daripada sterring / sterring comitee ini, mereka ibaratnya seperti otak dari penyelenggaraan kegiatan yang terlaksana.

Seperti misalnya mereka akan memikirkan tema yang menjadi icon event tersebut, untuk dapat menarik para pengunjung ke acara tersebut.

Atau kadang mereka juga memikirkan berbagai kegiatan yang ada di dalam event tersebut, agar nantinya para pengunjung lebih tertarik untuk mengunjungi event yang sudah ada.

Fasilitator

Juga mereka menjadi jembatan atas kerjasama organisasi satu dengan yang lain, agar event tersebut dapat terlaksana sesuai dengan apa yang menjadi target.

Tidak heran jika anggota dari para sterring ini tidak menentu. Kadang bisa sedikit, kadang juga bisa lebih besar para personelnya, tergantung dari skala event yang akan terselenggarakan.

Pengendali Pertemuan

SC biasanya bertindak sebagai “pimpinan sidang sementara”. Maka tergantung pada ketentuan dari kebijakan sebelum pertemuan.

Maksudnya, jika draft tata tertib mengatur pemilihan pimpinan sidang. Maka dalam sidang paripurna atau pleno (Baca: 2 bentuk dan metode persidangan).

Namun jika tidak terdapat pemilihan dan tata cara pengaturan komposisi pimpian sidang, maka berarti pimpinan sidang secara otomatis adalah SC.

Apakah anda sebagai peserta sidang merasakan bahwa ini adalah hal yang tidak adil?

Jika merasa bahwa ini tidak adil dalam penentuan pimpinan sidang. Maka peserta sidang dalam paripurna bisa mengajukan perubahan isi pasal dalam tatib. Sebelum jatuhnya keputusan palu sidang.

Definisi Komite

Ilustrasi perkumpulan komite (Foto: kajianpustaka.com)

Adapun istilah lain yakni komite. Yang mana sudah kita singgung sebelumnya. Bahwa komite adalah suatu organisasi, yang dibawah naungan sebuah yayasan ataupun badan pemerintah.

Organisasi ini memiliki tujuan serta kegiatan yang harus selesai sesuai dengan peraturan yang telah berlaku. Tidak heran jika organisasi ini sangat terikat dengan aturan-aturan, serta kewajiban yang ada.

Organisatoris lain baca ini: Pimpinan Sidang, Tata Cara Mengendalikan Dengan 2 Hal Utama

Contoh konkretnya adalah beberapa komite yang ada di sekolah, yang mana mereka harus segera menyelesaikan beberapa hal mengenai kegiatan tertentu, ataupun sejenisnya.

Pengertian Komite

Tentu kita akan bertanya pengertian dari komite ini bukan?

Baik, akan kita uraikan dan jangan kaget dengan pengertian berikut ini. Sebab bisa jadi kita heran, jika ternyata pengertian dari kata ini adalah demikian maknanya.

Pernah dengar bahasa ini?

Jika saya mengerjakan pekerjaan ini, saya dapat komisi berapa? Nah kan? Komite itu merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yakni Commission.

Arti Commission dalam bahasa Inggris terbagi dua:

  1. To Formally chooce someone to the special piece of work, or to formally ask for a special piece of work from someone.
    (Seseorang yang meminta potongan harga, atau secara resmi meminta sebuah potongan jika melakukan pekerjaan tertentu)
  2. A grup of people who have been formally choosen to discover information about of problem or examine the reasons why the problem exist.
    (Suatu kelompok yang secera resmi berdiri melakukan evaluasi atau memeriksa permasalahan, dan kenapa masalah tersebut terjadi).

Namun dalam pembahasan ini adalah mengambil pada pengertian kedua. Sebab kita tidak sedang membahas “pejabat yang meminta komisi proyek” hehe.

Komisi merupakan badan yang memiliki “otoritas” tertentu dalam sebuah kegiatan.

Komposisi Komite

Dalam mengatur organisasi ini, maka terdapat beberapa struktur penting, yakni:

Ketua Komisi

Bertindak sebagai pimpinan dari commission yang terbentuk. Dalam perkembangannya, bisa menambahkan wakil sesuai kebutuhan.

Sekretaris

Sangat jelas apa tugas sebagai sekretaris, sebagai notulen dan mengatur beberapa tugas administrasi yang lain.

Anggota

Membantu ketua dan wakil, sekretaris dalam menjalankan beberapa tugas.

Presidium

Apa pengertian Presidum?

Lalu yang selanjutnya adalah presidium. Organisasi ini adalah salah satu organisasi yang jarang di pakai oleh beberapa lembaga bahkan, karena memang organisasi tersebut tidak memiliki patokan pasti mengenai aturan yang dianut.

Pengertian Dan Istilah Berhubungan

Penggunaan kata ini dalam bahasa Inggris maupun istilah Amerika memiliki makna yang kurang lebih sama, yakni: collective presidency esp a nongovernment organization.

Kata ini merupakan bahasa latin, pri’sidia atau pre’sidium, bahasa Rusia prezidium (perlindungan).

Istilah ini banyak terpakai pada negara komunis seperti Rusia. Yang bermakna “kepemimpinan presiden kolektif” yang bermakna mengambil alih pemerintahan, dengan pengambilan keputusan kolektif (beberapa orang).

Adapun penggunaannya dalam bahasa Indonesia Presidium ini pada serapan penggunaan Bahasa Indonesia, yakni “pengambil alihan” kepemimpinan organisasi. Setelah demisioner.

Paham kan maksud demisioner?

Yakni, masa menghentikan masa periodisasi kepengurusan. Sementara belum ada yang terpilih yang baru. Dengan demikian terdapat kekosongan kepemimpinan. Maka era transisi itu, kendalinya ada pada presidium. Yang saat itu sebagai pimpinan sidang.

Struktur Dalam Presidium

Istilah ini tidak memiliki jumlah anggota yang pasti. Ada yang berjumlah 3, 5, 7 orang, atau bahkan bisa lebih dengan jumlah ganjil personilnya.

Dan sebenarnya, orang-orang yang ada di organisasi tersebut, mereka tidak begitu mementingkan sebuah jabatan. Karena pada setiap event yang mereka rancang, ketuanya bisa berbeda antara satu dengan yang lain.

Begitu juga halnya dengan persidangan, yang mana ketua persidangan itu bisa berbeda antara acara persidangan satu dengan yang sebelumnya, bahkan setelahnya.

Yang pasti ada, adalah Ketua umum dari beberapa organisasi yang menggunakan sistem istilah ini. Lalu ada sekretaris sebagai orang yang membantu masalah surat menyurat mengenai kegiatan yang akan mereka laksanakan.

Juga bendahara yang akan mengisi permasalahan management keuangan, dan sebagainya. Dan setiap orang yang mendapati tugas sebagai ketua.

Mereka harus memiliki dedikasi tinggi, dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Jadi, untuk mereka yang ingin menjadi bagian dari organisasi tersebut, bisa dibilang tidak sembarangan.

Pembagian Dan Tugas Presidium

Meski tidak terlalu terpatok dengan penetapan dari struktur organisasi. Mereka memiliki jabatan-jabatan yang bisa diisi oleh siapapun itu dalam organisasi tersebut.

Organisatoris lain baca ini: Palu Sidang: Sejarah, 3 Aturan Ketukan Dan Tata Cara

Dan setiap orang yang berada di jabatan tersebut, mereka harus memiliki dedikasi yang baik, sehingga kegiatan yang ia pimpin akan berjalan sesuai dengan rencana.

Maka, berikut beberapa tugas daripada jabatan dari presidium, antara lain:

Ketua

Ketua adalah salah satu jabatan yang penting. Mengingat mereka menjadi salah satu komponen yang bisa membuat kegiatan tersebut sukses, terutama koordinasi dari ketua dengan partner mereka yang lain.

Ataupun dalam persidangan, ketua menjadi salah satu komponen yang mensukseskan diskusi mengenai sebuah penelitian yang menjadi topik, serta mengawasi jalannya kegiatan tersebut, dan memutuskan mengenai hasil dari diskusi tersebut.

Sekretaris

Seperti yang kita tahu, bahwa dalam sebuah organisasi, sektretaris sangat penting dalam membantu ketua dalam permasalahan surat menyurat.

Guna menjadi kunci kerjasama antara organisasi satu dengan yang lain. Selain itu, juga memberikan peluang juga agar nantinya kegiatan yang akan terlaksana, bisa tercapai sesuai dengan rencana.

Dalam persidangan sendiri, sekretaris menjadi salah satu orang, yang mana mereka mencatat semua hasil diskusi yang ada, lalu mereka dokumentasikan sebagai bukti bahwa persidangan tersebut memang terlaksana adanya.

Bendahara (opsional)

Untuk bendahara sendiri, biasanya mereka lebih dominan kepada sebuah organisasi, yang mana sering menyelenggarakan kegiatan, dengan bantuan dana, dan sebagainya.

Makanya, bendahara dalam hal ini, ialah mereka yang dapat memanagement pengeluaran serta pemasukan dari organisasi tersebut, juga dengan kebutuhan yang perlu ada untuk melaksanakan sebuah kegiatan.

Pimpinan Persidangan

Untuk persidangan, wakil adalah salah satu hal yang mana membantu ketua dalam memutuskan hasil dari diskusi yang telah berlangsung.

Atau dengan memberikan jembatan kepada ketua untuk meminta beberapa masukan daripada anggota yang ikut dari persidangan tersebut.

Sehingga nantinya ketua memiliki berbagai pandangan, lalu ia serap, dan menjadi keputusan yang memuaskan dan tidak menimbulkan kontroversi.

Anggota

Entah dalam organisasi ataupun persidangan, anggota juga penting. Mereka adalah orang-orang yang juga menjadi hal penting dalam kelancaran kegiatan yang mereka buat.

Dengan partisipasi serta antusias mereka, tidak menutup kemungkinan bahwasannya acara tersebut akan sukses, sesuai dengan apa yang diekspektasikan.

Begitu juga dengan persidangan, yang mana dengan adanya anggota, akan memberikan berbagai pendapat dari banyak sudut. Serta banyak referensi juga dalam membuat sebuah keputusan.

Hal Yang Menggunakan Istilah Presidium

Pemakaian istilah presidium (Foto: xinhuanet.com)

Tapi, apakah istilah ini sering digunakan oleh orang banyak untuk organisasi mereka? Atau bagaimana?

Kadang, pertanyaan ini sering dilayangkan oleh banyak orang, yang terkadang bingung dengan istilah tersebut dengan beberapa istilah lain, seperti yang sudah kita singgung sebelumnya.

Namun demikian, pada dasarnya istilah tersebut biasanya dilakukan untuk beberapa persidangan mengenai penelitian tersebut, serta hasilnya adalah ‘Prosiding’, yang mana prosiding tersebut adalah kumpulan daripada penelitian yang sudah terbukti hasil validnya.

Atau beberapa sekolah tingkat atas seperti SMA, yang mana kepengurusan mereka tidak menggunakan kata ‘OSIS’, seperti yang biasanya kebanyakan sekola pakai.

Ada juga yang menggunakan istilah ‘presidium’, yang mana lebih terlihat fleksibel, bahkan lebih efisien ketimbang istilah sebelumnya.

Perlu diketahui juga, dalam istilah ini, tidak ada yang namanya strata kelas sosial, membuat geng sendiri, dan sebagainya. Semuanya sama, dan memiliki hak yang sama juga.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai ‘presidium’. Dari pembahasan tersebut kita bisa lebih paham mengenai beberapa istilah lain, yang juga hampir sama dengan istilah ini.

Yang membedakan adalah masalah keterikatan dengan aturan yang ada, serta ketepatan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

Sehingga komite misalnya, organisasi dengan menggunakan istilah ini, akan tampak lebih sibuk ketimbang dengan yang sebelumnya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://hai.grid.id
  2. https://www.koranperdjoeangan.com/apa-itu-steering-committee
  3. https://www.silabus.web.id/komite-sekolah/
  4. https://jagokata.com/arti-kata/presidium.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar