Singkatan Perbakin
Perbakin logo (Foto: logotypes101.com)

Singkatan Perbakin: Sejarah, Penampilan Atlet, 5 Misi

Diposting pada

Singkatan Perbakin, adalah salah satu organisasi yang berfokus untuk menjadi wadah bagi para penggiat olahraga menembak, yang kemudian mereka menjelma, menjadi atlet yang berprestasi dan bertalenta. Jadi, berikut beberapa pembahasannya.

Ayu Maesaroh, Olahraga – organisasi.co.id

Menjadi apapun kita di dunia ini, kadang bukan dari previllage kita, yang memang sudah turunan dari lahir. Namun, lebih kepada keputusan diri sendiri, serta tekad yang muncul dari diri sendiri juga.

Melangkah sesuai dengan kehendak diri sendiri, mencoba untuk meraih apa yang menjadi keinginan pribadi. Yang kemudian, bermuara pada suatu prestasi, membanggakan diri dan orang-orang yang berada di sekitar kita.

Jadi, tidak heran jika dalam perjalanan menuju apa yang kita mau, harus menerima konsekuensi jalan mana yang akan kita tempuh, untuk bisa satu langkah lebih dekat dengan impian kita.

Termasuk dalam hal ini juga, menjadi seorang atlet. Entah itu atlet badminton, sampai dengan atlet penembak. Mereka harus sungguh-sungguh berlatih, untuk bisa menjadi apa yang mereka mau.

Entah menjadi seorang atlet profesional yang kemudian bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia, dan sebagainya. Semua, tidak bisa instant.

Tapi bicara masalah olahraga menembak, ada beberapa hal yang berkaitan dengan olahraga tersebut, termasuk dengan singkatan dari organisasi resmi yang menaungi para pegiat olahraga menembak.

Berikut beberapa ulasannya.

Singkatan Perbakin, Sejarah Berdiri dan Penampilan Atlet Bertalenta

Salah satu organisasi olahraga resmi di Indonesia yang mencetak berbagai atlet berprestasi lainnya, adalah Perbakin. Organisasi ini, lahir dan terbentuk, karena ada begitu banyak penggiat, dan mau serius untuk menekuni olahraga ini.

Sekitar tahun 1950-an, organisasi ini terbentuk dengan terdiri atas dua kegiatan, yakni menembak dengan fokus berburu, ada juga menembak sasaran.

Yang kemudian organisasi tersebut terpecah, karena ada salah satu cabang kegiatannya yang ternyata, sudah mempunyai organisasi resmi, pada saat pemerintahan Belanda berlangsung di Indonesia.

Olahraga ini sudah mencetak berbagai prestasi yang patut untuk menjadi kebanggaan. Seperti baru-baru ini saja, ada salah satu atlet menembak dari Perbakin, yang lolos untuk ikut sebagai atlet cabang menembak, perwakilan dari Indonesia.

Perbakin sendiri, merupakan kepanjangan dari Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan selengkapnya.

Singkatan Perbakin

Definisi singkatan Perbakin
Kegiatan anggota Perbakin (Foto: dara.co.id)

Perbakin adalah salah satu organisasi resmi yang terbentuk, dengan mempunyai beberapa tujuan. Salah satunya menjadi salah satu wadah bagi para penggiat olahraga menembak.

Yang mana mereka ingin serius dalam dunia olahraga menembak, serta menjadi salah satu atlet nasional, yang suatu saat akan menjadi perwakilan dari negaranya, di depan kancah internasional.

Organisatoris lain baca ini: Legendaris Bulu Tangkis Dunia: Pengertian, 10 Atlet

Singkatan dari perbakin, adalah Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia. Organisasi ini juga mempunyai beberapa hal penting, yang tergabung dalam visi dan misi mereka.

Yang kemudian lambat laun menjadi satu hal yang harus tercapai, serta memberikan yang terbaik bagi orang banyak ketika menjadi perwakilan dari Indonesia.

Adapun beberapa visi dan misinya, antara lain:

Visi

Untuk visinya tersendiri, ialah:

Mewujudkan Perbakin menjadi organisasi yang mempunyai tata kelola yang profesional, serta melahirkan berbagai atlet petembak prestasi di kancah internasional, secara mandiri, serta berkelanjutan.

Misi

Misinya sendiri di Perbakin ini, adalah:

  • Menjadikan platform dari Perbakin ke daerah dan juga pusat.
  • Mewujudkan organisasi Perbakin, yang mempunyai tata kelola yang profesional
  • Menjadikan Perbakin sebagai gudang dan gerbang untuk bisa berprestasi, serta mencetak para petembak profesional yang mengharumkan nama bangsa, sebanyak-banyaknya.
  • Menciptakan sebuah kompetisi yang berkelanjutan, yang mana kompetisi itu berada pada potensi di berbagai daerah.
  • Melakukan berbagai sosialisasi di berbagai lapisan, mulai dari sekolah dasar, Menengah, sampai kepada Universitas.

Itulah beberapa visi dan misi dari Perbakin, organisasi resmi bagi para penggiat penembak, untuk menjadi wadah bagi mereka, berevolusi sebagai atlet profesional.

Sejarah Singkat Organisasi Perbakin

Sejalan dengan hal tersebut, Perbakin ini mempunyai sejarah singkat, yang mana menjadi titik awal mereka berjalan, melakukan berbagai hal agar tujuan dari organisasi tersebut dapat tercapai dengan baik.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwasannya organisasi ini sudah ada sejak pada tahun 1950-an. Kegiatan yang ada pada organisasi tersebut, ada dua jenis.

Yang pertama adalah penembakan khusus untuk menembak tepat sasaran, dan keduanya adalah untuk teknik Berburu. Saat yang sama dan tahun yang sama, salah satu kegiatan dari menembak tersebut, ternyata sudah ada organisasi resmi lain.


Bernama N.I.N.G, kepanjangan dari Nederlands Indische Jagers Genootschap. Organisasi tersebut menaungi kegiatan daripada penembakan secara teknik berburu.

Organisasi tersebut sudah ada, bahkan pada zaman pemerintahan Belanda bermuara di Indonesia. Meski demikian, ketika pemerintahan Belanda sudah menyerah.

Akhirnya kegiatan tersebut, bergabung kembali dengan Perbakin. Yang membuat organisasi tersebut akhirnya mempunyai dua kegiatan utama, seperti semula.

Setelah terbentuknya organisasi tersebut, maka tersusunlah beberapa aturan yang menjadi “rule” bagi para atlet, untuk siap berkecimpung di dunia menembak, dan harus menerima konsekuensinya.

Aturan Dalam Olahraga Perbakin

Yang mana aturan tersebut tersusun begitu runtut, dan sangat perlu untuk menjadi pemahaman bagi para calon atlet profesional dari singkatan organisasi Perbakin ini.

Syara tersebut terbagi atas beberapa jenis, antara lain:

Syarat menjadi anggota

Untuk menjadi seorang anggota dari Perbakin, harus memperhatikan beberapa poin berikut ini, antara lain:

  • Seorang calon anggota dari Perbakin, harus terdaftar sebelumnya, di beberapa club menembak yang resmi, serta tergabung dalam salah satu club naungan dari Perbakin.
  • Harus memiliki KTA atau kepanjangan dari Kartu Tanda Anggota di club sebelumnya. Jika sudah, baru kalian bisa meminta surat rekomendasi, untuk bergabung sebagai salah satu anggota dari Perbakin.
  • Setelah mendapatkan surat rekomendasi dari ketua club sebelumnya, barulah mengisi KTA untuk menjadi anggota resmi dari Perbakin. Yang mana formulir tersebut di tanda tangani oleh ketua Pemkab/ Pengprov dari Perbakin.
  • Perlu diperhatikan, dalam mengisi ataupun membuat formulir KTA anggota Perbakin harus dengan format ketik, atau menggunakan berkas dengan format word.

Organisatoris lain baca ini: Gulat dan Berat Badan: Hubungan, Pengertian, 4 Teknik

  • Lampirkan kartu identitas diri sendiri, seperti KTP, dan sebagainya.
  • Lampirkan juga beberapa hal penting lain seperti pas foto dengan ukuran 4×4 sesuai dengan jumlah lembar yang diperlukan.
  • Sertakan juga surat tes kesehatan dari dokter
  • Karena ada dua jenis kegiatan, maka calon dari anggota Perbakin harus menyertakan sertifikat, baik itu pelatihan tentang teknik berburu, ataupun pada kategori kegiatan keduanya.
  • Calon dari anggota harus sudah bayar beberapa hal mengenai administrasi yang terkait.

Syarat Administrasi

Yang kedua adalah syarat administrasi, yang perlu menjadi perhatian dari para anggota, antara lain:

  • Syarat administrasi untuk bisa bergabung dalam organisasi ini, sebesar lebih dari 500 ribu
  • Kemudian ada pembiayaan untuk penerimaan daripada anggota baru, sebesar lebih dari 1 juta rupiah.
  • Lalu untuk biaya dari pelatihan perbulan, sebesar 100 ribu rupiah
  • Setelahnya, ada biaya iuran setiap bulan dari masing-masing anggota, sebanyak 50 ribu rupiah

Itulah beberapa jenis syarat yang harus calon anggota penuhi, sebelum mendaftar untuk menjadi anggota resmi dari Perbakin, dan melenggangkan diri sebagai salah satu calon yang berpotensi untuk menjadi perwakilan Indonesia di kancah internasional.

Penampilan Atlet Perbakin Bertalenta

Para atlet Perbakin (Foto: sport.tempo.co)

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa organisasi tersebut mempunyai tekad, yakni melahirkan atlet-atlet profesional dan berprestasi, di kancah internasional.

Dan hal tersebut terwujud akhirnya. Pada tahun ini, ada salah satu atlet dari Perbakin, yang lolos menjadi salah satu tim perwakilan dari Indonesia, di cabang olahraga menembak, pada Olimpiade Tokyo 2020.

Ialah Vidya Rafika, atlet yang merupakan anggota dari Perbakin ini, sukses melenggangkan dirinya sendiri agar dapat menjadi perwakilan dari Indonesia, untuk kancah pertandingan Internasional.

Berawal dari pertandingan yang ia ikuti yakni kualifikasi Olimpiade pada pertandingan International Shooting Sport, atau yang sering dikenal dengan ISSF.

Kemudian dari hal tersebut, akhirnya atlet kelahiran 27 Mei 2001 ini, berhasil melenggangkan diri ikut Olimpiade Tokyo 2020, sebagai perwakilan Indonesia pada cabang penembakan.

Hal tersebut menjadi momen berharga baginya, karena menjadi satu-satunya harapan bangsa dan negara, serta sangat mengharapkan dirinya untuk bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Namun sebelum itu, seperti dilansir dari bola.com, Vidya telah memiliki beberapa prestasi lain sebelum ia ikut dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini.

Sebelumnya ia telah mendapatkan medali emas SEA GAMES yang terselenggara pada tahun 2019. Bahkan, ia merebut dua medali emas sekaligus, dalam kategori yang berbeda.

Yang pertama untuk senapan angin putri dengan kategori 10 m, dan campuran yang kategorinya pun sama jaraknya. Tidak heran jika pada Olimpiade ini, ia sangat diharapkan oleh masyarakat Indonesia, agar bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia kembali.

Alamat Resmi Organisasi Perbakin

Sejalan dengan hal tersebut, jika ada salah satu orang terdekat ataupun sanak saudara yang ingin menjadi salah satu anggota dari organisasi ini, dan berniat menjadi atlet profesional.

Bisa langsung ke sekretariat resmi mereka, untuk mengurus beberapa persyaratan yang sudah menjadi pembahasan sebelumnya.

Alamat resmi dari sekretariat pengurus singkatan Perbakin, di Lapangan Tembak Bung Karno, Jl Gelora Senayan, Jakarta Pusat. atau bisa langsung ke website resminya di perbakin.or.id.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai singkatan organisasi lengkap Perbakin. Dari beberapa hal tersebut dapat kia simpulkan, bahwasannya Perbakin bukan hanya sekedar nama singkatan.

Melainkan di dalamnya terdapat cerita seperti sejarah, alasan mengapa menggunakan nama demikian, dan sebagainya. Pun untuk menjadi seorang atlet profesional dalam hal ini adalah menjadi seorang penembak.

Tidak serta merta langsung berada dalam suasana demikian, dan mengabaikan frasa “proses”, yang mana menjadi tolak ukur seseorang, akan keseriusan mereka terhadap suatu bidang yang ingin mereka geluti.

Jadi, tidak asal kemudian mereka dapat diterima dengan lapang dada, ketika tidak ada sebuah latar belakang cerita, bagaimana perjuangan mereka, agar berada pada posisi tersebut.

Mungkin ada, tapi hanya 0,0000000 sekian persen saja. Dan semua kembali kepada individu tersebut, akankah mereka ingin berjuang dan terus melangkah ke depan untuk bisa meraih apa yang mereka mau, atau hanya berpangku tangan semata?

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. Website resmi Perbakin
  2. Serba-serbi tentang Perbakin
  3. Atlet Perbakin yang berprestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *