Susunan Acara Untuk MC Lokakarya: Tata Cara dan Contoh Teks Pembukaan

susunan acara untuk MC lokakarya
lokakarya (bagiinfo.com)

MC harus memahami acara yang ia bawakan. Jika membawakan sebuah acara formal, maka struktur bahasanya pun harus formal. Contohnya dalam susunan acara untuk MC Lokakarya. Sangat penting bagi MC memahami tema dari acara tersebut.

Tika, Konsep organisasi – organisasi.co.id

Bacaan Lainnya

Persiapan Sebagai Pembawa Acara Lokakarya

Pembawa acara adalah orang yang memandu jalannya sebuah acara. Mereka harus berwawasan luas terkait dengan tema acara yang ia bawakan.

Ikuti promosi free menjadi MC, pada link Master Of Ceremony

Ketika membawakan acara formal seperti lokakarya, MC sebaiknya memahami beberapa hal terutama susunan acara. Namun sebelum membuat susunan tersebut, ada baiknya untuk mengetahui definisi lokakarya terlebih dahulu.

Setelah mengetahui definisi tersebut, nantinya kita akan tau bagaimana mempersiapkannya. Terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan peserta lokakarya.

Susunan acara menarik untuk MC lokakarya sangat penting dan sebaiknya memiliki batasan waktu yang jelas.

Dengan demikian kita tidak perlu bingung lagi mengatur-atur durasi saat acara tengah berlangsung. Dalam hal ini, MC bertindak sebagai pengatur waktu dan harus tegas menghadapi situasi yang ada.

Apakah anda seorang Master Of Ceremony? Kami ada fasilitas pembuatan profil singkat untuk anda Daftar Master Of Ceremony Indonesia (Klik).

Pengertian Lokakarya

Menurut beberapa ahli, Lokakarya merupakan suatu acara yang menghadirkan beberapa orang berkumpul. Fungsinya adalah untuk memecahkan masalah tertentu. Mereka akan mencari solusinya bersama. Kita dapat menarik kesimpulan jika lokakarya adalah pertemuan ilmiah yang kecil.

Menurut KBBI, lokakarya adalah pertemuan khusus antara para pakar. Mereka berkumpul untuk membahas masalah praktis. Bisa juga membahas masalah yang bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahlian mereka. Dengan kata lain hal itu adalah sanggar kerja.

Setelah mengetahui mengenai pengertian lokakarya, maka seorang MC wajib mengetahui hal-hal lainnya seperti:

  • Lokasi Lokakarya
  • Tema yang akan dibahas
  • Para ahli yang hadir
  • Susunan acara

Untuk menjadi seorang pembawa acara, kita perlu berlatih terlebih dahulu. Beberapa teknik perlu kita kuasai agar dalam membawakan acara, kita mendapatkan sebuah inovasi.

Hal lainnya yang perlu kita pelajari adalah terkait teknik vokal. Contohnya saja intonasi, artikulasi, aksentuasi, kecepatan, dan juga bahasa tubuh.

Bahkan seorang MC juga harus memiliki wawasan yang luas. Pahami apa yang kita butuhkan. Dengan melakukan latihan vokal, harapannya kita dapat memainkan intonasi dengan tepat. Buatlah teks terlebuh dahulu dan pilihlah kata-kata yang baik dan terarah.

Susunan acara untuk MC lokakarya berfokus pada refrensi terkait tema dari lokakarya tersebut. Lihat kembali teks yang telah kita buat apakah sudah sesuai atau belum. Adapun susunan dalam acara tersebut adalah:

Pembukaan

Sambutan

Susunan acara

Mengawali topik acara

Penutup

Karena lokakarya merupakan acara formal, maka pastikan pemilihan kata merupakan kata-kata yang formal. Perhatikan juga video yang ada terkait hal ini. Cobalah untuk menirukan gerak tubuh MC dalam video.

Akan lebih baik ketika MC dapat menghafal meskipun tidak keseluruhan. Gunanya adalah untuk menjaga “eye contact” kepada penonton.

Kita sangat penting untuk mengetahui siapa saja tamu kita yang hadir.

Ketika semua telah kita lakukan dengan baik, hal selanjutnya adalah kostum. Kita perlu mengenakan pakaian yang sesuai dengan acara. Jika lokakarya bersifat formal, maka gunakan gaya busana yang juga formal.

Ikuti promosi free menjadi MC, pada link Master Of Ceremony

Teks Pembukaan Acara, Susunan Acara untuk MC Lokakarya

lokakarya (sumselprov.go.id)

Saatnya membuat teks pembukaan setelah kita mengetahui beberapa hal mengenai lokakarya. Hal-hal pentinng tersebut adalah nama pakar, tema, lokasi, dan juga susunan acara.

Contohnya begini:

Selamat Pagi Bapak Ibu yang saya hormati.

Selamat datang di Kecamatan Karangmoncol pada hari Senin, 23 Agustus 2021 ini guna menghadiri acara lokakarya mini lintas sektor.

Acara ini akan berlangsung dari jam 9 pagi hingga jam 1 siang waktu setempat.

Pertama-tama marilah kita mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas ijinNya kita semua dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat.

Saya Marlina selaku MC pada acara hari ini akan membacakan susunan acara selama empat jam ke depan. Susunan acara hari ini adalah:

  • Pembukaan
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya, hadirin diharapkan berdiri
  • Sambutan dari kepala panitia lokakarya, Ibu Sundari.
  • Penyampaian Materi Stunting Meresahkan Masa Depan oleh Kepala Puskesmas Ibu Tri Widati
  • Diskusi
  • Rencana tindak lanjut
  • Penutup

Memasuki acara selanjutnya, mari kita menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kepada para tamu undangan kami harapkan berdiri.

Hadirin kami persilahkan untuk duduk kembali.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari kepala panitia Lokakarya. Kepada Ibu Sundari, tempat dan waktu kami persilahkan.

Terima kasih atas sambutannya. Semoga acara hari ini berjalan dengan lancar. Baiklah, menuju ke acara selanjutnya yang merupakan acara inti pada hari ini adalah penyampaian materi “Stunting Meresahkan Masa Depan” oleh kepala puskesmas Ibu Tri Widati. Kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

Sebuah pemaparan yang sangat menarik. Kita jadi mengetahui bagaimana menyeramkannya stunting jika terus bertahan tanpa solusi. Untuk itu sangat penting bagi kita berdiskusi menemukan rencana tindak lanjut atas kasus ini.

Kami berikan waktu kurang lebih 60 menit ke depan untuk melakukan diskusi.

Bagaimana bapak ibu? Apakah sudah bisa kita terima hasil diskusinya? kami persilahkan ibu Kepala Puskesmas untuk menarik kesimpulan hasil diskusi tadi.

Tugas MC Saat Diskusi Sesuai Susunan Acara

Mc tetap memiliki tugas untuk membuat suasana diskusi menjadi kondusif. Adapun langkah-langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan mengatur ruangan sehingga menjadi nyaman.

Kita dapat mengatur kursi dan menatanya menjadi bentuk setengah lingkaran agar percakapan serta diskusi berlangsung dengan baik.

Sebaiknya juga menempelkan aturan-aturan dasar lokakarya pada dinding dan pastikan terdapat papan tulis atau kertas kosong sebagai brainstorming atas ide-ide yang ada.

Bahkan hal ini juga dapat menjadi sebuah dokumentasi akan ide dan catatan peserta lokakarya.

Pastikan diskusi berlangsung dengan interaktif. Kita dapat menambahkan kegiatan untuk peserta seperti beberapa permainan agar memberi kesan hidup.

Terakhir, berikan sesi tanya jawab sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Persiapan Acara Lokakarya

Contoh susunan acara LDK (Foto: scribd.com)

Susunan acara untuk MC lokakarya hanyalah sebagian kecil dari persiapan acara lokakarya. Masih banyak hal-hal penting yang perlu persiapan khusus.

Kembali kita harus mengingat bahwa lokakarya memiliki tujuan memberikan informasi atau panduan. Fokus dari sebuah lokakarya adalah membahas mengenai topik tertentu.

Pengisi acara dalam lokakarya adalah pendidik dan para ahli di bidang tersebut. Bahkan manajer dan para pemimpin lain yang memiliki pengetahuan mengenai suatu topik dapat menjadi narasumber.

tergantung dari topiknya, lokakarya dapat berlangsung selama berminggu-minggu, atau justru hanya beberapa jam.

Pemimpin dalam lokakarya harus menguatkan presentasi mereka melalui sebuah perencanaan yang matang. Adapun hal-hal untuk mempersiapkan lokakarya antara lain:

Menentukan tujuan

Terdapat beberapa tujuan lokakarya. Pertama adalah untuk mengajarkan keterampilan. Kedua untuk memberikan informasi atau bimbingan.

Jika maksudnya untuk mengajarkan keterampilan, maka kita perlu menyiapkan cara membuat sesuatu hingga menyajikannya.

Apapun fokusnya, sangat penting untuk memahami tujuan lokakarya terlebih dahulu.

Cari tahu kebutuhan peserta lokakarya

Sebuah lokakarya akan menjadi efektif ketika kita memahami kebutuhan peserta. Dengan demikian penyampaian materi pun akan menjadi semakin mudah.

Susunan Acara untuk MC Lokakarya

Membuat susunan acara tidaklah mudah. Kita harus mengetahui ketersediaan waktu narasumber dan juga berbagai hal penting lainnya.

Contoh jika acara lokakarya berlangsung hingga jam 1 siang. Maka konsumsi peserta juga perlu mendapat perhatian. Tidak hanya menyediakan camilan, tapi secara tidak langsung panitia harus menyiapkan makan siang.

Buatlah rancangan presentasi lokakarya

Mengiungat lokakarya adalah sebuah acara yang formal dan penting, maka sebaiknya kita membuatnya semaksimal mungkin. Caranya;

a. Membuat pendahuluan. Terdiri atas topik, anggota lokakarya, dan bagaimana kita memperkenalkan diri kita.

b. Membuat daftar topil yang menyeluruh dan sub topik yang kira-kira peserta butuhkan.

c. Menentukan ututan topik dengan memasukkan hal yang paling bermanfaat maupun informasi penting di awal lokakarya.

Kita bisa juag membuat pendahuluan terlebih dahulu lalu menuju ke topik dengan pembahasan topik yang paling mudah. Kemudian barulah menuju ke topik yang lebih sulit.

d. Membuat aturan-aturan dasar dalam lokakarya. Misalnya hanya memeperbolehkan satu orang saja yang berbicara atau menangkat tangan saat hendak bicara. Mematikan telepon genggam dan lainnya yang dapat mengganggu acara.

e. Menentukan bagaimana lokakarya akan kita kemas. Misalnya dengan memberi ulasan singkat atau informasi tentang hal lain yang akan dipelajari selanjutnya. Terlebih juga memberikan formulir terkait saran dan kritik kepada peserta.

f. Memberikan alokasi waktu yang jelas untuk masing-masing sesi acara. Untuk sebuah topik yang rumit, maka perlu mendapatkan alokasi waktu yang cukup. Jangan sampai peserta lokakarya pulang dengan banyak pertanyaan. Sangat penting juga untuk memberikan waktu istirahat.

g. Praktikkan rancangan lokakarya. Sebelum benar-benar menuju ke lokakarya yang sebernarnya, maka sebaiknya kita praktik dulu ke rekan-rekan terdekat. Kemungkinan mereka dapat memeberikan saran jika ada yang kurang mengenai rancangan kita.

h. Menyiapkan handout. Salinan informasi sangat penting untuk menjadi milik peserta.Namun tidak perlu menuliskan seluruh detail di dalamnya. Biarkan mereka mengisinya sesuai dengan apa yang telah dibahas saat lokakarya.

Alat Penunjang Lokakarya

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka sangat penting untuk memberikan pengajaran yang baik kepada peserta lokakarya.

Caranya bisa dengan presentasi menggunakan proyektor atau justru menggunakan alat peraga visual lainnya.

Agar tidak mudah mengantuk, peserta dapat kita berikan film, gambar, dan lainnya untuk menarik perhatian mereka. Dengan demikian waktu yang berlangsung tidak akan membosankan.

Bahkan saat ini kita tidak perlu repot-repot menyusun materi. Dengan adanya jaringan internet, berbagai film dan informasi dapat kita sampaikan secara langsung.

Tentunya kita perlu membuat rencana cadangan. Jangan sampai ketika koneksi bermasalah atau listrik padam dan lainnya, lokakarya terhambat.

organisatoris baca: Metode Pertanian Organik: 5 Tujuan, Jenis Hewan Ternak

Penutup

Susunan acara untuk MC lokakarya adalah hal vital yang akan menentukan kelanjutan lokakarya. Dengan susunan acara yang baik, maka lokakarya dapat berlangsung dengan lancar.

Tidak hanya itu, beberapa hal juga perlu mendapatkan perhatian terutama mengenai topik lokakarya dan bagaimana menyikapi sebuah perbedaan pendapat. Jangan sampai lokakarya menjadi debat kusir.

Daftar Pustaka

  1. KBBI
  2. Cara Menyiapkan Lokakarya

Pos terkait