Generasi Antar Zaman
Sumber Tech: Perubahan Generasi Beberapa Zaman

Zaman Modern: Definisi & Permulaan, Ciri-Ciri Generasi X

Diposting pada

Zaman modern merupakan kemajuan teknologi yang meningkat dan canggih dengan berbagai penemuan, bagaimana ciri sikap Generasi X pada era ini?

Novianti Lavlia, Konsep – Organisasi.co.id

Beritaku.id, Zaman Modern Generasi X – Organisasi Perkembangan zaman dan teknologi yang berjalan cepat  perlu kita sikapi dengan bijaksana dan seksama. Salah satu cara menjadi pribadi dewasa dan bijaksana adalah, dengan mengetahui karakter dan pola pikir generasi yang ada saat ini.

Bicara tentang generasi, dalam satu dekade terakhir setidaknya ada 6 generasi yang lahir di dunia saat ini. Setiap generasi tersebut memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri-sendiri.

Tiga Generasi, X, Milenial, Z
Tiga Generasi

Salah satu generasi yang cukup menonjol adalah Generasi X. Mereka sebagai generasi yang pertama kali membuka dan memperkenalkan masuknya teknologi di dunia ini. 

Generasi X jugalah yang memperkenalkan berbagai pop culture, yang terkadang masih tabu oleh Baby Boomers. Beberapa contohnya MTV, hip hop, grunge, punk, film-film indi, dan juga narkotika.

Namun bagaimanakah sebenarnya tentang sejarah dari Generasi X itu sendiri? Peristiwa apa sajakah yang menjadikan mereka seperti sekarang ini? Bagaimana kita mengetahui tentang siapakah mereka sebenarnya? Organisasi.co.id akan membantu kita semua memahami seluruhnya, yang terkait mengenai Generasi atau Gen X.

Organisatoris lain baca ini: Pengertian Organisasi, Berorganisasi Dan Manfaat

Definisi Dan Permulaan Zaman Modern Gen X

Definisi Gen X

Generasi adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan tahun kelahiran, usia, wilayah dan juga pengalaman, cerita serta kisah yang sama.

Setiap individu di dalamnya juga memiliki pengaruh signifikan yang sama, dalam fase pertumbuhan mereka. 

Istilah Generation X pada orang-orang yang lahir pada awal tahun 1964-an hingga awal tahun 1980-an. Mayoritas orang juga menyetujui bahwa tahun tersebut merupakan tahun sebagaimana generasi ini menciptakan rekam jejak sejarah mereka sendiri.

Gen X Zaman Modern
Sumber: WEX, Generasi X Pada Zaman Modern

Saat Gen X tercipta, banyak terjadi peristiwa yang mengakibatkan pergeseran nilai-nilai sosial. Generation X yang masih berusia muda, terlahir dengan kurangnya pengawasan orang tua.

Para Boomers sebagai orang tua dari Gen X, terlalu sibuk bekerja keras, untuk masa depan mereka.

Pada tahun 1990-an mereka mendapat julukan sebagai generasi pemalas, sinis dan pembangkang. Beberapa pengaruh pop culture para anak muda Gen X tersebut adalah genre musik grunge, hip hop, dan film independen.

Semua pengaruh kesenian ini, sedikit banyak mencerminkan kebebasan dari jiwa muda mereka.

Berlawanan dengan semua anggapan negatif dari generasi sebelumnya, ternyata para Generasi X dapat membuktikan kesuksesannya.

Saat menjadi semakin berumur, mereka tetap menjadi pribadi yang aktif, bahagia, dan mencapai keseimbangan antara kerja dan kehidupan.

Dalam dunia kerja, Generasi X juga sangat mereka hargai karena posisinya yang sudah berada pada titik keberhasilan.

Ketika para Baby Boomers pensiun dan generasi milenial masih mencoba menentukan jalan mereka, Generasi X berada pada posisi yang menguntungkan.

Mereka dapat menawarkan banyak pengetahuan, pengalaman, dan stabilitas kepada pemberi kerja. 

Organisatoris lain baca ini: Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga Lembaga

Permulaan Generasi X Zaman Modern

Ketika era itu hadir, tingkat kelahiran populasi bayi jauh sangat sedikit jika melakukan perbandingan dengan era Baby Boomers.

Oleh karena itulah, banyak orang yang mengganti nama generasi ini dengan istilah Baby Busters, sebagai kebalikan dari Baby Boomers. Namun, istilah Generasi X-lah yang masih sering terpakai  hingga saat ini. 

Istilah ini sebenarnya berasal dari sebuah novel yang sangat populer berjudul “Generation X: Tales for An Accelerated Culture”. Novel hasil karya tulisan Douglas Coupland, yang berasal dari Kanada pada tahun 1991.

Buku Karya Coupland
Buku Generasi X Karya Coupland (Sumber Copuland.com)

Gen X lahir ketika perangkat komputer, video games, tv kabel, dan internet baru mulai tercipta dan mereka pergunakan.

Penyimpanan data nya pun masih menggunakan media lama berupa floppy disk atau disket. MTV dan video games adalah trend anak muda yang sangat populer pada masa itu


Generasi X juga besar di tengah situasi, ketika event politis sedang memanas dan bergejolak.

Secara internasional, mereka menjadi saksi dari terjadinya berbagai konflik di dunia.

Contohnya seperti Perang Vietnam, jatuhnya Tembok Berlin, berakhirnya komunisme di Uni Soviet, serta hilangnya Negara Yugoslavia dan Cekoslovakia di Eropa.

Ciri-Ciri Zaman Modern Gen X

Seperti yang sudah kita ceritakan sebelumnya, jika Generasi X adalah salah satu generasi yang lahir sekitar tahun 1964-1980.

Adapun beberapa ciri – ciri dan karakteristik dari Generasi X tersebut adalah, seperti yang akan di ulas oleh Organisasi.co.id pada ulasan selanjutnya.

1. Mudah Beradaptasi Dengan Teknologi

Mungkin kita sudah banyak mendengar tentang  anggapan negatif para Generasi Baby Boomer, yang ketinggalan zaman dan terlalu konvensional.

Komputer Zaman Dulu
Sumber: Folder Tekno: Komputer Zaman Dahulu Kala

Sehingga mereka terkenal sangat sulit menggunakan peralatan modern seperti komputer. Padahal semua kemajuan teknologi tersebut sangat membantu sekali, dalam mempercepat suatu pekerjaan.

Namun lain halnya dengan Generasi X, yang mampu beradaptasi dan mudah menguasai semua hal baru termasuk teknologi, dengan sangat cepat.

2. Mandiri dan Individualistis

Generasi X adalah salah satu generasi yang lahir pada masa yang terbilang cukup modern. Saat itu sudah banyak wanita karir yang bekerja.

Dengan kata lain, bukan hanya ayah saja yang bekerja, sang ibu pun sudah menjadi wanita yang memiliki karir. Hal itu tentu akan membantu kesejahteraan hidup sebuah keluarga. 

Namun di satu lainnya, semua anak-anak mereka menjadi kurang mendapat perhatian dari para orangtua. Bahkan banyak dari mereka yang di titipkan ke tempat-tempat penitipan.

Namun hal baiknya adalah, anak-anak  tersebut tetap dapat tumbuh menjadi sosok pribadi yang banyak cerdas dan mandiri.

3. Menyukai Fleksibilitas

Banyak dari para Generasi X yang tidak asing melihat orang tua mereka di PHK secara tiba-tiba, walaupun sudah bekerja dengan sangat keras.

Hal inilah yang membuat Generasi X kurang memiliki komitmen pada satu perusahaan saja. 

Sisi positifnya yaitu, mereka dapat beradaptasi dengan mudah pada setiap perubahan yang ada. Selain itu mereka juga memiliki sifat ambisius dan keinginan yang kuat dalam mempelajari hal baru.

4. Menghargai Keseimbangan Dalam Kehidupan

Generasi X  memiliki filosofi kerja seperti “bekerja untuk hidup, dan bukan hidup untuk bekerja”. Dengan kata lain, mereka menyukai suasana kerja yang menyenangkan di lingkungan kerjanya. 

Bentuk Peninggalan Gen X

  1. Generasi X adalah pioneer dalam menciptakan dan menghadirkan teknologi, hingga membuatnya maju menjadi seperti sekarang ini. Mereka pun pernah merasakan lemotnya internet saat baru dilahirkan.
  2. Merekalah yang menjadi sayap perusahaan Bill Gates dan Steve Jobs. Kedua Boomers jenius tersebut dapat melihat, bahwa mereka telah menemukan generasi yang tepat untuk dapat mengembangkan semua produk teknologi mereka.
  3. Gen X pernah merasakan memiliki ponsel seukuran ransel, sebelum akhirnya sempurna menjadi smartphone mungil jenius. 
  4. Mereka menemukan genre musik baru seperti punk, rock, hiphop, indie, grunge, tecno, untuk menggantikan era pop dan classic. 
  5. Generasi MTV yang mendunia. Kami tidak perlu mencari musik, karena sudah hidup antara alunannya melalui radio dan TV.
  6. Merekalah generasi penemu email, yang akhirnya menggeser kedudukan surat dan SMS.
  7. Suka atau tidak, Generasi X juga merupakan pencetus dari suatu faham liberalisme atau kebebasan yang menimbulkan pro dan kontra. Wujudnya bermacam-macam, dari kebebasan ala hippies, hingga LGBT.

Beberapa Foto Bentuk Peninggalan Gen Modern

Sebagai bentuk eksistensi generasi X maka, mereka memiliki bukti foto peninggalan sebagai berikut:

Internat
Prinsip Kerja Internat Dengan Menggunakan Kabel Telpon
Sejarah Ponsel
Sumber Merdeka: Histori Pembuatan Telepon Seluler
Zaman Modern, Disket
Sumber Techno: Disket Sebagai Penyimpan Data Sebelum Adanya CD, Hardisk

Kelebihan Kekurangan Gen X Zaman Modern

Untuk menjelaskan tentang konidisi Generasi X pada zaman modern, maka padanya terdapat kelebihan dan kekurangan, yakni:

Kelebihan

  1. Gen X, tumbuh hampir tanpa pengawasan orang dewasa. Hal tersebut justru membuat mereka dapat mempelajari nilai suatu kemandirian.
  2. Kehidupan antara pekerjaan, pribadi dan keluarga, cenderung seimbang. Mereka meyakini akan pepatah “bekerjalah untuk kehidupan, dan jangan melakukan hidup selalu untuk sebuah pekerjaan”.
  3. Generasi X masih mengadopsi karakter dari orang tuanya yang mencari uang demi masa depan keluarga. Perbedaannya, konsep “mencari uang” tersebut di eskalasikan menjadi simpanan investasi 
  4. Mereka tidak menyukai formalitas yang kaku dan mengekang kebebasan ruang geraknya
  5. Mereka lahir saat teknologi baru tercipta, sehingga mereka belajar untuk memahami  teknologi itu sendiri secara inovatif
  6. Gen X masuk dalam golongan yang menyukai fleksibilitas, mudah beradaptasi dan bersifat terbuka atas kritik serta saran.
  7. Berkat warisan dan didikan generasi sebelumnya, generasi X mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Oleh sebab itu, pemikiran mereka sedikit lebih maju
  8. Mereka menyukai tantangan dengan pengambil keputusan yang handal, dan juga problem solver.
  9. Berpikiran positif, dan selalu ada ruang untuk berkembang

Kekurangan

  1. Dikenal sebagai generasi pembangkang terhadap orang tua, penganut liberalisme dan anti kemapanan pada awalnya.
  2. kurang berkomitmen pada satu perusahaan saja. Mereka lebih memilih untuk berganti pekerjaan yang lebih baik
  3. Generasi ini cenderung untuk tidak mengatakan sesuatu jika mereka tidak setuju dengan pendapat orang lain.
  4. Cenderung untuk menyelesaikan sesuatu hal dengan sangat cepat. Karena, tidak menyukai menghabiskan waktu terlalu lama, untuk menyelesaikan sesuatu dengan sempurna
  5. Terlalu menghitung kontribusi yang telah diberikan terhadap hasil kerjanya
  6. Mereka tidak menyukai adanya persyaratan kerja yang mengikat
  7. Cenderung skeptis dan tidak menyukai basa basi.

Setiap generasi ternyata memiliki keunikan tersendiri yang akan menentukan kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Bekerja sama dengan berbagai orang memang bukan hal yang mudah.

Menyatukan pikiran antar lintas generasi adalah permasalahan lainnya.

Terkadang, semua perbedaan pandangan dan perspektif tersebut, seringkali menjadi biang permasalahan yang dapat menjadi pemicu dari sebuah konflik 

Penutup

Manusia merupakan salah satu makhluk yang sangat unik, karena memiliki beragam jenis sifat dan kebiasaan. Semua sifat-sifat tersebut sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah Generasi X, yang merupakan salah satu golongan yang lahir antara tahun 1964 sampai dengan 1980. 

Generasi X merupakan saksi hidup dari berbagai kejadian, yang sempat menghebohkan dan merubah sejarah dunia. Mereka pun merupakan generasi yang kurang mendapatkan kasih sayang orang tua.

Namun sekarang mereka bisa berkata “hey…, look at me now!”. Seolah berevolusi, mereka sudah menjadi bagian dari saksi perkembangan teknologi dunia. 

Dengan jiwa mudanya yang tidak menyukai birokrasi, Gen X mewujudkan keliaran pemikirannya melalui kesenian yang kontroversial.

Mereka juga mewujudkannya melalui suatu  konsep kebebasan manusia yang sempat menjadi pro dan kontra. Dan hasil dari semua kehebohan itu, mereka bisa berteriak dengan lantang “I change the world to the better!”

Memang bisa dikatakan Generasi X adalah orang-orang yang mewarisi etos kerja yang baik, pengetahuan yang tanpa batas, serta pengalaman yang luar biasa.

Organisatoris lain baca ini: 25 Organisasi Profesi Kesehatan, Tahun Berdiri Dan Syarat Anggota

Semua hal tersebut akhirnya menjadikan mereka sebagai contoh teladan yang baik bagi generasi selanjutnya.

Demikianlah ulasan dari Organisasi.co.id kali ini, yang membahas tentang Zaman Modern Generasi X secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Kami undur diri dulu, dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam artikel ini. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *