Moderator mempunyai peran penting dalam suatu diskusi atau debat yaitu mengelola interaksi agar tetap berjalan sesuai aturan. Menurut kamu skill mumpuni apa yang harus dimiliki oleh seorang pemandu diskusi? ~Komunikasi
Arsinta Fadilah
Istilah moderator dalam kehidupan sehari-hari tentunya sudah tidak asing lagi di dengar. Akan tetapi sebenarnya moderator itu artinya apa sih?
Ialah berasal dari bahasa Inggris memiliki arti yaitu orang yang menjadi penengah atau melakukan moderasi.
Biasanya dalam suatu kegiatan rapat atau diskusi mempunyai peranan penting yang mengelola interaksi agar tetap kondusif.
Nah, dalam artikel ini, akan membahas berbagai hal mengenai hal tersebut seperti definisi, ciri-ciri, tugas, skill yang harus di miliki dan sebagainya. Berikut adalah rangkumannya yang bisa kamu ketahui.
Arti Moderator
Secara umum, moderator artinya adalah seseorang yang bertugas membawakan dan mengatur jalannya rapat, atau diskusi, agar dapat berlangsung sesuai aturan.
Bisa di katakan sebagai seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola atau penengah pada acara perdiskusian atau pembicaraan masalah.
Sementara jika di lihat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata tersebut mempunyai beberapa arti, yakni:
- Merupakan orang yang memiliki tugas sebagai penengah (hakim, wasit, hakim dan lain-lain lain).
- Bisa juga di artikan sebagai pemimpin sidang (rapat,diskusi, musyawarah) yang menjadi penengah pada acara pendiskusian atau percakapan masalah
- Ada juga sebagai alat di mesin yang mengatur atau mengontrol aliran bahan bakar atau sumber tenaga.
Organisatoris lain juga baca ini: Macam- Macam Garis: 3 Macam Beserta Gambarnya
Ciri-Ciri
Moderator memiliki ciri khas tertentu yang membantu menjaga suasana aman dan harmonis bagi para anggota. Ciri-ciri utama seorang pemimpin diskusi meliputi kemampuan komunikasi yang baik,
Agar kegiatan diskusi dalam forum bisa berjalan dengan lancar seorang penengah harus mempersiapkan beberapa hal penting guna kelancaran acara.
Namun bukan itu saja moderator perlu juga memiliki sikap dan sifat-sifat tertentu dalam mengatasi permasalahan yang akan timbul. Inilah ciri ciri yang harus dimiliki:
- Memiliki sikap tenang tetapi tegas.
- Mampu mencairkan suasana.
- Fleksibel.
- Empati.
- Memiliki manajemen waktu yang baik.
- Memiliki keterampilan berbahasa.
- Mampu memahami posisi.
- Mampu mencairkan suasana.
Tugas
Ialah bertanggung jawab menjaga keteraturan, memastikan diskusi tetap berjalan sesuai aturan. Perannya juga mencakup penyelesaian konflik.
Dengan bijaksana, menyelesaikan masalah yang timbul di antara anggota dan mencegah potensi keretakan
Ada beberapa tugas utama yang harus di lakukan untuk memastikan kelancaran acara. Beberapa tugas tersebut antara lain:
- Moderator mengatur dan mencermati jalannya acara sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.
- Mengemas topik agar lebih menarik sehingga diskusi menjadi lebih dinamis.
- Memberikan penjelasan kepada peserta yang masih kurang paham.
- Tugasnya juga memperkenalkan pembicara dan menerangkan topik yang ingin di bahas.
- Dapat Membuat suasana yang kondusif dan nyaman bagi peserta diskusi.
- Menjaga keikutsertaan peserta dengan cara memoderasi sesi tanya jawab.
- Mengatur waktu dengan baik agar masing- masing pembicara mempunyai kesempatan untuk menyampaikan materinya.
- Memastikan seluruh peserta menaati aturan dan etika dalam berinteraksi.
Perbedaan Moderator dan MC (Master of Ceremony)
Banyak orang terkadang menganggap bahwa hal tersebut memiliki definisi yang sama dengan seorang MC (master of ceremony) atau yang biasa di sebut dengan pembawa acara.
Perihal ini sebab kedua profesi tersebut punya kesamaan tanggung jawab yakni untuk memandu jalannya sebuah acara.
Namun, padahal nyatanya, dua pekerjaan itu berbeda. Ada terdapat sejumlah perbedaan di antara moderator dengan pemandu acara yaitu:
Fokus dan Tujuan
Salah satu tugas utama MC untuk mengarahkan acara dengan antusiasme, memperkenalkan pembicara, memberikan informasi penting.
Selain itu juga menjaga suasana positif di antara peserta. Umumnya MC berperan dalam acara hiburan atau kegiatan yang membutuhkan pengelolaan yang baik.
Sedangkan moderator mempunyai peran yang lebih berfokus dalam memfasilitasi diskusi serta menjaga kelancaran pembicaraan di acara seperti seminar, panel, atau forum.
Dan juga bertugas memimpin percakapan, mengarahkan pertanyaan, serta memastikan keikutsertaan semua peserta.
Jenis Acara
Perbedaan lainnya yaitu Master of Ceremony (MC) sering hadir di acara-acara hiburan seperti pernikahan, konser, pesta, atau acara spesial lainnya.
Tugasnya adalah menjaga acara tetap lancar dan menciptakan suasana menyenangkan bagi para tamu.
Sedangkan yang lain, hadir di acara-acara informatif atau edukatif, seperti seminar bisnis, panel diskusi, acara ilmiah, atau pertemuan umum.
Yang mana para penengah membantu mengarahkan diskusi pada sebuah acara.
Interaksi dengan Peserta
Mengenai interaksi dengan peserta MC tidak terlalu banyak berhubungan langsung. Karena lebih fokus menyampaikan presentasi, memberi pengumuman, dan menjaga suasana positif.
Sebaliknya, lebih aktif berinteraksi dengan peserta. Selain itu bisa juga mengajukan pertanyaan ke panelis atau audiens, mengelola sesi tanya jawab, dan membangun percakapan yang produktif.
Gaya Komunikasi
MC biasanya berbicara dengan penuh semangat, energik, dan menghibur. Juga sering menyisipkan lelucon atau cerita agar suasana santai tetap terjaga
Di sisi lain, berkomunikasi dengan gaya yang lebih objektif dan formal. Tugas mereka adalah menjaga netralitas sehingga bisa memfasilitasi diskusi tanpa berpihak ke mana pun
Keterlibatan dalam Persiapan Acara
Perbedaan yang terakhir yaitu MC biasanya ikut serta dalam persiapan acara. Mulai dari membuat naskah, berkoordinasi dengan penyelenggara, hingga memastikan semua berjalan lancar saat acara berlangsung.
Sedangkan jenis lain juga terlibat dalam persiapan, tapi fokusnya lebih memahami materi atau topik diskusi. Menyusun urutan pertanyaan, dan bekerja sama dengan pembicara atau panelis.
Organisatoris lain juga baca ini: Kekuasaan Absolut: 2 Poin Dalam Bernegara
Menjadi moderator ataupun MC pastinya harus mempunyai kemampuan berbicara di depan umum. Untuk yang belum terbiasa mungkin akan merasa malu.
Ada beberapa tips yang bisa di terapkan untuk mengatasi rasa malu tersebut:
- Usahakan untuk tidak overthinking atas pandangan atau respon orang lain saat sedang berbicara di depan umum.
- Coba hindari kontak mata dengan para audien.
- Sering latihan melemaskan rahang mulut dengan mengatakan a-i-u-e-o, hal ini di lakukan agar membuat perasaan lebih santai.
Selain itu juga tetap konsisten dan aktif berlatih untuk meningkatkan jam terbang berbicara di depan umum. Kemampuan tersebut bisa di asah tanpa mengenal tempat dan batas waktu.
Dalam menyampaikan komunikasi, tentu saja yang harus di perhatikan pendengar bisa memahami apa yang di sampaikan pembicara.
Perlu juga untuk memperhatikan intonasi dan artikulasi agar suara yang di hasilkan mempunyai tone yang tidak membuat bosan untuk di dengar.
Cara Menjadi Moderator
Memimpin diskusi mulai dari pemaparan topik pembicara sampai penutup merupakan peran dari seorang pemandu diskusi atau debat.
Jadi moderator menjadi kunci kelancaran suatu acara. Oleh karena itu, perlu persiapan untuk melaksanakannya.
Jika kamu di tunjuk sebagai moderator, kemampuan public speaking saja tentunya tidak cukup. Ada beberapa cara yang bisa di ambil untuk menjadi seorang moderator yang efektif.
Lalu, bagaimana caranya jika ingin menjadi moderator? Tenang, jangan panik, berikut ini cara supaya bisa menjadi moderator yang baik:
Perhatikan Jadwal Acara dan Cara Mengatur Setiap Sesi ke Sesi Selanjutnya
Jadwal acara bisa di lihat di panitia. Pastikan dokumen-dokumen siap di tinjau setidaknya sehari sebelumnya. Agar tahu kapan ada perubahan sesi dengan memeriksa jadwal acara.
Jangan lupa perhatikan waktunya dan persiapkan apa yang ingin di sampaikan untuk menghubungkan setiap sesi. Jadi, penting sekali untuk latihan dulu, ya!
Teliti Pembicara dan Topik yang Disajikan.
Perlu kamu ketahui juga siapa pembicara, termasuk pengalaman kerja dan topik yang akan di bahasnya di sesi nanti.
Kalau ada waktu, sebelum acara di mulai coba bercakap cakap dulu sebentar. Buatlah pembicaraannya ramah dan santai supaya pembicara lebih percaya diri saat rapat nanti.
Dengarkan Pembicara Saat Menjelaskan Materi
Bukan hanya mengarahkan forum, tugasnya juga perlu antusias dengan tema yang di bahas agar sesi tanya jawab jadi lebih lancar.
Selain itu, pertanyaan lanjutan bisa di siapkan dari hasil penelitian sebelumnya dan di gabungkan dengan apa yang di sampaikan pembicara saat acara.
Ajukan Lebih Banyak Pertanyaan Kepada Pembicara
Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan penelitian yang sudah di lakukan dan momen saat mendengarkan pembicara. Coba ajukan sejumlah pertanyaan yang relevan dengan topik yang sedang di bahas.
Gunakan pertanyaan terbuka seperti “apa,” “mengapa,” dan “bagaimana” sehingga penjelasannya lebih mendalam dan diskusi menjadi lebih lancar berjalan.
Membuat Rangkuman Keseluruhan Topik
Akan bagus kalau peserta forum di akhiri dengan merangkum semua materi setelah membahas banyak topik selama beberapa jam. Ini membantu mengingatkan hal-hal yang mungkin terlewatkan selama diskusi.
Selain itu, sesi bisa di tutup dengan lebih rapi dan profesional, daripada hanya mengumumkan kalau diskusi telah berakhir.
Organisatoris lain juga baca ini: Paguyuban Artinya Adalah: 4 Bentuk dan Caranya
Skill yang Harus Dimiliki
Sebagai seorang moderator, memiliki berbagai skill yang mumpuni menjadi kunci utama untuk menciptakan suasana yang nyaman.
Dan juga produktif dalam setiap diskusi, dari keterampilan komunikasi yang kuat hingga kemampuan memediasi konflik.
Peran seorang moderator sangat penting untuk menjaga alur percakapan tetap sesuai jalur. Simak ya selengkapnya beberapa skill penting yang sebaiknya dimiliki.
Public Speaking
Oleh karenanya, seorang akan berbicara di depan orang banyak mulai dari peserta diskusi hingga audiens. Maka penting sekali agar menguasai public speaking sehingga dapat memandu acara dengan lancar.
Menguasai Topik yang Dibahas
Skill yang harus di miliki moderator Sebagai orang yang memimpin jalannya acara tentu saja kemampuan menguasai topik menjadi sangat penting.
Apabila tidak menguasai topik maka tidak akan dapat mengendalikan diskusi. Dan memastikan bahwa alasan yang di sampaikan anggota relevan dengan tema yang di bahas
Bersikap Objektif dan Netral
Tidak boleh memihak kepada pihak tertentu dan harus bersikap netral. Harus tetap objektif dalam melaksanakan tugasnya sehingga terbentuk diskusi yang adil untuk semua anggota.
Memiliki Kemampuan Mendengar dan Observasi yang Baik
Mampu mengawasi jalannya acara dan memperhatikan setiap respons baik itu verbal dan nonverbal selama acara berlangsung.
Juga adalah keterampilan yang harus moderator kuasai. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada pembahasan yang terlewat.
Bisa Menempatkan Diri
Seorang moderator dalam melaksanakan tugasnya harus menonjolkan tanpa mendominasi peran anggota forum dengan terlalu sering membahas topik yang sedang di perbincangkan.
Oleh karena itu, penting untuk dapat menempatkan dirinya.
Tegas
Perdebatan yang intens sering kali tidak bisa di hindari dan bahkan dapat memicu konflik.
Dalam kondisi seperti ini perlu memberikan penekanan tegas terhadap para peserta diskusi agar suasana tetap kondusif.
Di samping ketegasan juga harus mampu menjaga ketenangan agar tidak mudah terpengaruh.
Itulah tadi uraian tentang moderator artinya apa, tugas, ciri-ciri, perbedaannya dengan MC (master of ceremony), dan skill apa yang yang harus di milikinya.
Dengan menerapkan tips dan trik di atas, kamu bisa menjadi seorang moderator yang sukses ketika memandu sebuah acara.
Jangan lupa ya untuk selalu membaca artikel menarik lainnya di website kesayangan kamu ini.
Sumber: