Kegunaan SEO, Trik Pebisnis Pemula Pada Era Digital

Kegunaan SEO Jualan Online Media Sosial
Kegunaan SEO Jualan Online Media Sosial

Pada bisnis era digital, dengan menggunakan internet, maka SEO memiliki kegunaan yang vital dalam peningkatan omzet penjualan, Apa kegunaannya?Dhilah, SEO – Organisasi.co.id

Dengan memanfaatkan facebook, instagram, twitter, youtube maupun dengan membuat website atau situs sendiri. Seseorang bisa memposting jualan berupa produk maupun jasa.

Bacaan Lainnya

Ini merupakan cara untuk meningkatkan impresi, klik dan berminat untuk membeli. Akhirnya jualan laku dan untung banyak bukan?

Sayangnya, banyak penjual yang tidak melakukan optimasi pada media mereka dalam menjual barang dagangan. Atau hanya melakukan posting seadanya. Dan mengandalkan kunjungan langsung, dan tidak mengutamakan mesin pencarian.

Kita garis bawahi “mesin pencari”, sebagai alat yang bisa kita manfaatkan.

Sayangnya, “maaf” banyak penjual online masih menggunakan cara yang tradisional.

Cara tradisional itu, seperti ini “pak, bu, singgah, lihat barang jualan saya, ini baik, ini murah, ada diskon dan lain sebagainya”.

Cara tradisional ini boleh kita lakukan namun untuk lebih meningkatkan omzet (baca: Pengertian Omzet Usaha) maka manfaatkan mesin pencari.

Semua media sosial, seperti Fb, Ig, Twit dan sebagainya. Menyiapkan alat pencarian pada website mereka. Untuk memudahkan pengunjung menemukan sesuatu pada konten-konten mereka.

Atau dengan menggunakan mesin pencari yang umum, seperti google, yahoo, bing dan sebagainya.

Harusnya inilah yang kita manfaatkan. Maka artikel ini sangat berguna buat kamu yang senang jualan online dengan bisnis tertentu pada era digital.

Sebab belajar search engine optimizatin, pada konsultan, master atau ahli SEO, membutuhkan biaya kan. Situs ini akan memberikan secara gratis materi yang mahal tersebut.

Mengenal Kegunaan SEO

Terdapat banyak istilah yang berhubungan dengan SEO, untuk lebih lengkapnya jika penjelasan ini masih kamu anggap kurang. Bisa dengan membaca artikel pengertian dan bagian lengkap SEO.

Kita fokus pada bagaimana membuat laris dagangan pada media sosial dengan memanfaatkan mesin pencari.

Adapun kegunaan SEO tersebut adalah:

Meningkatkan Impresi

Impresi itu asal kata bahasa Inggris Impression. Yang memiliki makna persepsi, rekam, jejak, atau impak.

Dalam pengertian lanjut jika kita hubungkan dengan mesin pencarian adalah translasi, atau persepsi mesin pencari sebagai respon atas kata kunci pada pencarian yang kita ketikkan.

Masih belum mengerti?

Misalnya saya mengetik kata kunci “kemeja murah” pada mesin pencari, maka hasilnya adalah sebagai berikut.

Penggunaan kata kunci pada mesin pencari
Mengetik kata kunci “Kemeja Murah” Pada Google. (Foto: Organisasi)

Setelah mengetik kata kunci (kemeja murah) pada pencarian google, maka akan kita temukan data seperti diatas.

Banyak website atau situs yang menyajikan postingan dengan kata kunci tersebut. Dan yang teratas adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya.

Perhatikan kotak merah, masih dalam halaman 1 pencarian. Ada Blibli dan olx yang ada pada urutan terakhir.

Kemudian pada kotak biru, merupakan daftar halaman. Yang ketika kita menekan angka dua maka kita akan diarahkan ke halaman dua dan menemukan situs lainnya menyajikan impresi lainnya dengan kata kunci yang sama (kemeja murah).

Dengan kata kunci maka kita fokus membahas keyword tersebut untuk meningkatkan impresi, dan dengan optimasi maka kita bisa masuk ke halaman pertama pencarian dengan rasio klik tinggi.

Intinya, postingan kita terlihat oleh mesin pencari.

Memanjakan Calon Pelanggan

Kalimat yang digunakan saat melakukan optimasi postingan adalah dengan deskripsi meta yang singkat, padat dan jelas. Sehingga calon pelanggan tidak perlu membaca terlalu lama, dan bisa menemukan intinya.

Tidak bertele-tele, tidak mengulang-ulang narasi. Atau kasarnya, tidak membuat mulut berbusa untuk menawarkan.

Terutama, pelanggan cepat paham dan mengerti apa maksudnya. Sebentar kita akan belajar bagaimana mempraktikannya. Sabar yah.

Meningkatkan Kredibilitas Website

Jika anda memutuskan menyewa domain dan hosting untuk jualan produk anda. Itu keren.

Ada banyak penyedia domain dan hosting. Bisa dengan menggunakan hostinger, niagahoster, dewaweb, whitehost dan lain sebagainya.

Kemudian, Saat memiliki domain dan sudah posting jualan sana sini.
Bahkan sangat sering memposting, namun tidak ada telpon masuk atau tidak ada yang tertarik.

Sunyi peminat, seperti sunyinya hatimu karena ditinggal menikah oleh sidia. Zaaadaaf.

Maka kredibilitas website anda bisa jadi taruhan jika pengunjung kamu sepi.

Sebab postingan yang sembarang, tanpa melakukan penataan. Dan terutama adalah “jeroan dari konten” tidak tersusun baik. Jantung, hati usus tidak tersistematis. Kira-kira begitu. Maka inilah salah satu masalah besarnya.

Ingat, Anda pasti memiliki pengalaman mencari sesuai di situs google kan?

Apakah anda tetap membaca artikel yang kacau? Bahasa kacau, tampilan kacau. Tidak tertata, tulisan tidak karuan.
Tentu anda akan meninggalkannya kan?

Nah saat meninggalkan itu disebut dengan bouncerate (rasio pentalan, meninggalkan dengan cepat).

Tentu kamu tidak mau itu terjadi pada jualan kamu. Singgah sejenak lalu pergi tanpa menawar barang. Jangankan menawar, melirik saja tidak.

Mau transaksi apa jika tawar menawar tidak terjadi.

Cinta saja pakai tawar menawar, apalagi jual beli.

Optimasi Postingan Bisnis Bagi Pemula Pada Media Sosial

Setelah memahami secara singkat kegunaan SEO buat anda pebisnis pemula pada postingan media sosial kamu. Maka berikutnya kita akan mempraktikkan cara membuat judul dan isi agar cepat (laku) terjual, apa yang kita jual.

Kegunaan Dan Inti Judul SEO

Manfaatkan SEO pada judul. Semua kita mulai dari sini.

Setiap akan memposting atau upload video live pada media sosial, selalu muncul pertanyaan, “apa judul” atau “title”. Nah inilah langkah pertama yang tidak boleh kamu abaikan. Jangan asal menulis. Harus menggunakan trik yang baik.

Pada posisi inilah kita akan menyisipkan kata kunci (Keyword). Yang kemungkinan besarnya kita yang menjadi pemenang dari kata kunci tersebut.

Ingat kembali gambar sebelumnya. Shoope menang pada pencarian kata kunci “kemeja murah”.

Apakah kamu akan menggunakan kata kunci “kemeja murah” tersebut?

Sebaiknya jangan memakai kata kunci tersebut, sebab persaingannya sangat tinggi. Dan lawanmu adalah website dengan Domain dan Page Authority yang tinggi.

Bisa menggunakan beberapa alternatif judul berikut ini, jika anda bergerak dalam dunia jual beli secara online dengan kategori fashion style, yakni:

  1. Kemeja Cowok Pasuruan Murah,
  2. Murah Dengan Kualitas Terbaik, Kemeja Medan
  3. Baju muslimah Untuk Cewek Jomblo Surabaya,
  4. Seragam Cewek Murah Senyum Makassar,
  5. Celana Panjang Jodoh Ukhty Balikpapan,
  6. Jilbab Anti Jomblo dan Penolak Baper Aceh,
  7. Seragam Muslim Palembang, Taat Sholat Masuk Syurga

Perhatikan kata yang bold atau mendapatkan penebalan. Maka yang tebal tersebut merupakan kata kunci yang kita pasang pada judul. Atau melakukan variasi judul agar lain dari yang lain.

Ingat triknya, membuat judul jangan yang “over”. Buat berbeda dan masih normatif. Sehingga pembaca melihat judul tersebut tertarik untuk mengklik.

Sekali lagi, yang mencari di kolom pencarian adalah pemakai (calon konsumen anda) yang butuh untuk memakai barang tersebut,

Kembali, perhatikan judul yang bold. Ada kata tempat, seperti Pasuruan, Medan, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Aceh dan sebagainya. Itu perlu sebagai kata kunci lokal. Maksudnya posisi dimana anda menjual produk tersebut.

Jika melakukan penjualan langsung atau menggunakan transaksi kunjungan. Ini sangat penting.

Kegunaan Formulasi Isi Postingan SEO

Sesuaikan isi postingan dengan judul, untuk kegunaan optimasi SEO secara standar.

Setelah membuat judul, maka kita akan mengembangkan judul tersebut dalam kerangka isi atau berupa kalimat memperjelas dari judul.

Nah cara membuatnya adalah sebagai berikut.

Kita ambil contoh “Jilbab Anti Jomblo dan Penolak Baper Aceh“.

Jika menggunakan judul tersebut, maka perhatikan baik, kata yang mendapatkan penebalan. Kata tersebut prioritas dalam menuliskan narasi postingan.

Contoh narasinya berikut ini:

Jilbab ini buat kamu para Jomblo yang Anti ribet saat melakukan kegiatan yang membutuhkan penggunaan yang simpel.
Jilbab ini terbuat dari kain yang halus, dengan bahan yang ramah lingkungan. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang Jomblo.
Anti patahati tentunya, menjadi harapan semua orang ketika memakainya.

Jilbab buatan tangan anak Aceh ini telah menjadi salah satu tren bagi masyarakat Aceh dalam memakai Jilbab. Dan dengan memakainya akan menjadi penolak pelecehan seksual.

Soal harga ini tidak akan membuatmu baper, sebab dengan harga yang murah, yakni hanya Rp 25.000,- kamu sudah bisa bawa pulang kerumah kamu.

Untuk kamu yang berminat membeli Jilbab Anti Jomblo dan Penolak Baper Aceh ini. Silahkan datang ke tampat kami di Jln apasaja, nomor sekian, Kecamatan tentukan saja, Kabupaten Apapun, Provinsi Nangroeh Aceh Darussalam.

Dan kami melayani pengiriman keluar daerah, seluruh Indonesia. Nomor Wa: 085xxxxxxxxxx.

Optimasi pada media sosial merupakan cara meningkatkan impresi dan keterjangkauan oleh mesin pencari.

Desain Gambar Asli

Manfaatkan SEO pada saat posting gambar. Jangan asal copot gambar di internet. Pakai trik master SEO berikut ini.

Kesalahan terbesar bagi penjual online adalah menggunakan gambar dari mesin pencari.

Sebaiknya gunakan gambar produk anda sendiri. Sebab optimasi media sosial itu membutuhkan hal-hal yang original (asli).

Dan seharusnya memang dengan foto yang yang otentik.

Kenapa?

Sebab mesin pencari dengan perayap atau crawl, mampu mendeteksi gambar, asli atau repost.

Dengan menggunakan gambar original pada postingan. Akan sangat positif untuk perayapan oleh mesin pencari.

Jangan lupa memberikan keterangan gambar yang sesuai dengan kata kunci. Kreatif lah menamai gambar tersebut sepanjang berhubungan kata kunci.

Bisnis era digital 2022, menjadi keharusan buat semua pebisnis memanfaatkan peluang dengan belajar hal yang berhubungan dengan digitalisasi. Bahwa menghasilkan foto produk yang baik, tidak harus dengan pengambilan gambar dari kamera mahal.

Ada beberapa contoh, pengambilan gambar dengan menggunakan kamera standar, seperti santukaka channel youtube. Sebelum berkembang dan besar, dulu juga memakai kamera biasa.

Itu artinya, menggunakan kamera sendiri jauh lebih baik. Daripada mengambil atau mencopot saja dari google.

Kesalahan Pebisnis Saat Posting Jualan

Jika telah memiliki ide bisnis dan hendak memposting pada media sosial, berarti anda telah maju selangkah dari yang lain.

Namun jika belum memiliki ide bisnis. Silahkan baca artikel ini, Ide peluang dan Usaha Profit Rumahan 2022.

Untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa, maka manfaatkan ide usaha rumahan khusus mahasiswa, intinya memasuki era tahun 2022. Harus mampu menciptakan ide bisnis yang memanfaatkan kemajuan digital.

Trik Master SEO jualan pada media sosial
Hindari Asal Posting Saat Menjual Produk atau Jasa Pada Media Sosial Maupun Website (Foto: Organisasi)

Saat telah memutuskan ide usaha kamu, yang akan kamu kerjakan dari rumah, maka fokus.

Dan hindari melakukan hal berikut ini.

Sebab kami memiliki pengalaman buruk, sehingga kami ingin menyampaikan kepada anda untuk tidak mengikuti hal itu, yakni:

  1. Tidak Berkaratker,
    Hari ini bisnis A, namun jika mendengar diskusi bisnis B, dengan semaunya berpindah. Padahal sudah memulai dengan bisnis A. Sehingga jangan cepat berubah pikiran dari bisnis satu ke yang lainnya. Ingat rumusnya, bahwa usaha itu bukan bisnisnya yang terbaik. Tapi pengusahalah yang membuat peluangnya menjadi yang paling baik.
  2. Posting Kuantitas Tanpa Kualitas,
    Memposting sebanyak-banyaknya, biasanya ini pada status whatsapp. Sehingga kadang kita yang melihatnya bingung, tentang apa saja yang “mereka posting pada statusnya” soalnya kebanyakan.
    Ingat, 1 postingan berkualitas lebih baik dari 100 tanpa kualitas.
    Setuju dengan pendapat ini?
  3. Repost Tanpa Variasi,
    Maksudnya melakukan postingan jualan dengan cara copy paste. Nah ini kesalahan tersering yang kita lakukan. Copy narasi postingan sebelumnya, lalu paste.
    Kan lebih mudah bukan? Sayang sekali, cara ini dianggap spam (terlarang) oleh mesin pencari. Sehingga jika melakukan repost, mesin pencari tidak akan merekomendasikan.
    Maka sebaiknya variasilah isinya, dengan mengeditat kalimatnya, tambah atau kurangi kata-katanya. Serta perhatikan fotonya.
  4. Mengambil Foto Dengan Queri Tertinggi Dari Google,
    Maksudnya, ketika mau memposting produk meja. Maka cara mendapatkan gambar meja adalah mengetik meja pada mesin pencari google.
    Seketika banyak gambar meja pada pencarian gambar halaman 1 google. Lalu gambar tersebut yang anda masukkan pada postingan jualan meja anda. Salah besar, sebab google pasti mendeteksi gambar itu. Sebagaimana gambar tersebut memiliki SERP yang tinggi pada halaman 1.

Penutup

Pada dasarnya jualan pada internet sangat mudah dan murah. Dan memiliki fasilitas untuk optimasi.

Yang bisa anda manfaatkan.

Namun jangan melakukan posting yang terlarang dalam hukum penulisan SEO. Baca lengkap pada Definisi dan Jenis Black Hat SEO.

Demikian beberapa trik penting buat kamu yang hoby jualan online dengan produk rumahan, pada media sosial maupun pada portal anda sendiri. Jika ada hal yang kurang, silahkan isi kolom komentar.