Mengenal Organisasi HAKLI
Logo HAKLI (Foto: m.facebook.com)

Mengenal Organisasi HAKLI dan PORMIKI

Diposting pada

Organisasi HAKLI merupakan wadah profesi, maka setiap anggota harus mengenal konstitusi tersebut, termasuk PORMIKI, bagaimana sejarah dan tujuannya?

Helena Brilianty, Profesi – Organisasi.co.id

Sebagai seorang manusia, tentu kesehatan jasmani dan rohani haruslah terjaga. Dengan tubuh yang sehat , maka kita terhindar dari beragam penyakit, dan juga kita bisa punya umur yang panjang.

Negara Indonesia lewat pemerintah kini telah mulai, untuk memperhatikan kesehatan masyarakatnya.  Tidak hanya memperhatikan kesehatan jasmani masyarakatnya, tapi kesehatan lingkungan juga menjadi fokus dari Pemerintah.

Agar pemerintah bisa fokus dalam masalah kesehatan, maka ada organisasi yang membantu pemerintah dalam masalah kesehatan.

Dua organisasi yang membantu pemerintah dalam bidang kesehatan adalah  HAKLI dan juga PORMIKI.

Apa perbedaan dari dua organisasi tersebut? Mari kita bahas perbedaan dari dua organisasi tersebut.

Organisatoris lain baca ini: 25 Organisasi Profesi Kesehatan, Tahun Berdiri Dan Syarat Anggota

Mengenal Lebih Dekat Organisasi HAKLI

Mengenal induk Organisasi profesi HAKLI, merupakan singkatan dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia, merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak dalam bidang kesehatan lingkungan.

Kesehatan lingkungan maksudnya adalah kebersihan sanitasi, yang mana sanitasi adalah ketersediaan air minum yang bersih, serta pembungan untuk limbah yang memadai.

Karena bertugas dalam mengenal berbagai masalah bidang kesehatan lingkungan, maka para anggota organisasi HAKLI harus turun ke masyarakat. 

Para anggota HAKLI harus bisa memberi edukasi, dan juga membina masyarakat agar mau hidup bersih.

Selain memberi edukasi kepada masyarakat, para anggota HAKLI  juga harus mengimplementasikan teknologi untuk kesehatan lingkungan.  Teknologi ini harus berguna untuk masyarakat, dan semua masyarakat bisa menggunakan teknologi yang telah dibuat.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Profesi Guru Dan Dosen, Dan Syarat Sertifikasi

Mengenal Sejarah Dari Organisasi HAKLI

Mengenal Logo Organisasi HAKLI
Logo Hakli (Foto: Ist)

HAKLI atau Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia, telah memiliki sejarah yang panjang. Sejarah HAKLI berawal  pada saat Indonesia, mengalami masa penjajahan oleh Belanda. Pada tahun 1915, Belanda melakukan investigasi penyakit yang bernama cacing tambang.

Agar penyakit tersebut bisa teratasi, maka Dr Van Noort dari Belanda, datang ke Indonesia untuk melakukan investigasi penyakit cacing tambang,  Pemerintah Hindia Belanda mengambil alih pembiayaan pendidikan kesehatan, agar penyakit cacing tambang dapat di investigasi.

Seiring berjalannya waktu setelah Indonesia merdeka dari penjajahan, tahun 1955 terbentuk organisasi bernama Ikatan Kontrolir Kesehatan Indonesia (IKKI) . IKKI merupakan organisasi yang terbentuk saat kongres di Makassar, dan organisasi ini memiliki fokus dalam bidang kesehatan lingkungan.

Setelah IKKI bediri pada tahun 1955, berdiri sebuah Sekolah Kontrolir Kesehatan  yang lokasinya berada di Jakarta.  Sekolah Kontrolir Kesehatan Indonesia berdiri pada saat itu, agar masyarakat dapat mencegah sebuah penyakit.  Sekolah Kontrolir Kesehatan berubah jadi Sekolah Pembantu Pemilik Hygiene, yang letaknya di daerah Purwokerto.

Pada tahun 1980, Ikatan Kontrolir  Kesehatan Indonesia (IKKI),  berubah jadi Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI).  Tugas HAKLI sama seperti IKKI, yakni memberi edukasi masyarakat tentang kesehatan lingkungan.

HAKLI berdiri pada tahun 1980 di Kota Bandung, dan perubahan nama tersebut tidak punya jangka waktunya.  Setelah HAKLI terbentuk di Kota Bandung, HAKLI Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terbentuk pada tahun 1990.

Sejak terbetuk, HAKLI telah menggelar beberapa kali kongres. Kongres pertama pada tahun 2005 di Kota Surabaya, dan tahun 2015 Kongres HAKLI di Kota Jakarta.  Pada tahun 2019, HAKLI melakukan Kongres Luar Biasa, di Kota Jakarta.

Kini HAKLI yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan,  telah melakukan edukasi bagi masyarakat, agar memiliki sanitasi yang bersih.  Tidak hanya melakukan edukasi , tapi HAKLI juga membuat teknologi untuk sanitasi bersih.  Dengan teknologi sanitasi bersih, tentu sangat berguna bagi hidup masyarakat.

Syarat Menjadi Anggota HAKLI

Jika anda tertarik untuk mengedukasi masyarakat tentang kebersihan lingkungan, HAKLI membuka kesempatan yang lebar, untuk menjadi anggota HAKLI.  Apa saja syarat untuk menjadi anggota HAKLI?  Berikut ini adalah informasinya.

Organisatoris lain baca ini: Organisasi Profesi, Definisi, Ciri Dan Daftar Yang Formal

1.Warga Negara Indonesia dan Punya Keahlian Bidang Kesehatan Lingkungan

Setiap warga negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke, berhak menjadi anggota dari organisasi HAKLI. 

Jika anda masih berusia muda, anda juga bisa mendaftar jadi anggota HAKLI. Dengan usia yang masih muda, anda akan dapat pengalaman untuk melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Jika anda mempunyai pengalaman atau keahlian dalam bidang kesehatan, tentunya menjadi nilai tambah tersendiri.


Dengan memiliki pengalaman atau keahlian dalam bidang kesehatan, maka anda akan mudah untuk mengedukasi masyarakat.

2.Sehat Secara Jasmani dan Rohani

Karena HAKLI bergerak dalam bidang kesehatan lingkungan, tentunya anda harus memiliki kesehatan secara jasmani maupun rohani. 

Dengan memiliki kesehatan secara jasmani dan juga rohani, tentunya anda bisa berkeliling dari satu kota ke kota lain, untuk melakukan edukasi atau menciptakan teknologi sanitasi bagi masyarakat.

3.Mengisi Formulir Keanggotaan

Jika anda mantap untuk menjadi anggota HAKLI, anda bisa mengisi formulir keanggotaan. Formulir keanggotaan ada dalam website HAKLI, yakni www.hakli.or.id.

Lengkapi data data yang ada dalam formulir, sesuai dengan data diri anda.  Jika anda terpilih menjadi anggota HAKLI, maka ada biaya atau iuran yang anda harus bayarkan setelahnya.

Organisatoris lain baca ini: PTGMI, Mengenal Profesi Kesehatan Gigi Sejak 1967

Tujuan dan Maksud dari Organisasi HAKLI

Sebagai sebuah organisasi kesehatan yang ada di Indonesia, tentu HAKLI memiliki tujuan dan maksud berdirinya. Tujuan dan maksud terbentuknya organisasi HAKLI adalah, untuk memberi edukasi kepada masyarakat, agar mereka mau hidup dengan sanitasi yang baik. 

Tidak hanya mengedukasi masyarakat saja, organisasi HAKLI juga harus menciptakan teknologi sanitasi, bagi masyarakat luas. Teknologi tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, agar mereka sadar dengan lingkungan hidup.

Organisasi  PORMIKI

PROMIKI atau Perhimpuan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia, merupakan organisasi yang mengedukasi masyarakat, lewat informasi komuniksi dan perekaman medis.

Logo Organisasi FORMIKI
Logoe Resmi Formiki

Lewat perekaman medis atau informasi komunikasi, maka para medis bisa mengumpulkan , dan menyajikan sebuah data atau rekaman medik.  Data yang tersaji haruslah valid, sehingga para pasien bisa percaya dengan penanganan kesehatan di rumah sakit.

Mengenal PORMIKI Lebih Dekat

Seperti yang sudah anda tahu, PORMIKI merupakan sebuah organisasi kesehatan, yang mengedukasi masyarakat lewat perekaman medis.  PORMIKI berada dalam naungan Kementerian Kesehatan , sehingga pengelolaan organisasi ini menjadi jelas dan terarah.

PORMIKI memiliki kode dan juga etik, dalam melakukan perekaman medis kepada para pasiennya. Salah satu kode etik yang ada dalam organisasi PORMIKI adalah, setiap anggota harus mempertanggungjawabkan pekerjaan yang mereka lakukan.

Selain punya kode etik para anggota mempertanggungjawabkan pekerjaan yang mereka lakukan, anggota PORMIKI juga harus memberi pelayanan yang maksimal , dan bermutu bagi masyarakat.

Anggota PORMIKI yang berkerja dalam sebuah rumah sakit, juga harus menjaga kerahasiaan informasi mengenai pasien yang melakukan rekaman medis.  Mereka harus menjaga data  ataupun informasi tentang pasien, agar data tersebut tidak di curi oleh orang lain.

Saat pandemi seperti sekarang ini, organisasi PROMIKI mengadakan workshop dan juga seminar. Workshop dan seminar ini melalui media daring,  dan masyarakat bisa dapat edukasi kesehatan,  saat berada di rumah.

Syarat Untuk Menjadi Anggota PORMIKI

Jika anda tertarik bekerja dalam bidang rekam medik, PORMIKI memberi kesempatan bagi anda.  Anggota PORMIKI terbuka untuk mereka yang sudah berpengalaman, atau fresh graduate (lulusan baru).  Apa saja syarat agar bisa menjadi anggota PORMIKI? Berikut ini adalah informasinya.

1. Warga Negara Indonesia dan Punya Pengetahuan dalam bidang rekam medik

Jika anda ingin menjadi anggota PORMIKI, tentunya anda harus warga negara Indonesia. Warga negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke ,  tentunya bisa mendaftar dan menjadi anggota PORMIKI.

Anda juga harus memiliki kemampuan dalam bidang rekam medik, jika anda ingin menjadi anggota PORMIKI. Dengan memiliki kemampuan dalam bidang rekam medik, anda bisa  memberi hasil rekaman medik yang valid, kepada para pasien. Dengan memberi rekaman medik yang valid, maka pasien akan percaya dengan anda.

2. Mendaftar Anggota PORMIKI

Setelah anda mencari tahu tentang apa organisasi PORMIKI, anda bisa mendaftar diri anda menjadi anggota PORMIKI.  Pendaftaran bisa anda lakukan, lewat email PORMIKI masing masing cabang.

Berkas berkas yang harus anda lengkapi seperti KTP, Pas Photo dengan ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.  Setelah anda melengkapi berkas berkas pendaftaran, anda bisa membayar biaya yang harus anda bayar. Jika anda masih kuliah atau sudah lulus kuliah, anda bisa mendaftar dengan menggunakan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).

3. Keuntungan dari Menjadi Anggota PORMIKI

Menjadi anggota sebuah organisasi, tentu memiliki banyak keuntungan.  Kuentungan yang anda dapatkan menjadi anggota PORMIKI adalah, anda bisa menambah pengetahuan anda. Selain menambah pengetahuan, anda juga bisa berbagi pengalaman. Anda bisa berbagi pengalaman dengan teman organisasi, mengenai informasi kesehatan.

Sejarah  Organisasi PORMIKI

PORMIKI atau Perhimpuan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia, sudah ada sejak tahun 1989. PORMIKI terbentuk di Yayasan Amanah Jakarta, dan yang menghadiri acara pembentukan PORMIKI adalah instansi kesehatan dan organisasi profesi.

Setelah terbentuk, maka ada penandatanganan naskah. Yang menandatangani naskah tersebut adalah Dokter Azrul Azwar,  selaku Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI).   Dokter Azrul Azwar melakukan kerja sama dengan Drs Razak Manan , untuk membeentuk organisasi PORMIKI.

Saat sudah terbentuk, baru PORMIKI memperkenalkan organisasinya tersebut kepada masyarakat. Panitita Kerja Pengembangan dan Pengembangan Sistem Pencatatan Medis (PPSPM), melakukan acara konsultasi sehari di Jakarta.  Pada kesempatan itu juga PORMIKI mengadakan Press Realese, sebagai sebuah organisasi profesi yang baru.

Organisasi POMIKI telah mengadakan kongres, selama sembilan kali. Kongres pertama PORMIKI adalah pada tahun 1992, dan mereka menyelenggarakannya di Jakarta.  Terakhir PORMIKI menyelenggarakan kongres pada tahun 2018, di Kota Medan .

Seiring berjalannya waktu, PROMIKI memiliki DPD atau perakilan. DPD PORMIKI tersebut tersebar, di banyak kota dan juga provinsi.  Beberapa DPD dari Pormiki ada DI Jakarta, dan juga ada di Provinsi Riau.

Tujuan dan Maksud  Dari PORMIKI

Sama seperti HAKLI, PORMIKI juga memiliki tujuan dan maksud berdirinya. Adanya maksud dan tujuan organisasi adalah, agar orang lain mengenal organisasi tersbeut. Apa saja tujuan dan maksud berdirinya PORMIKI?

1. Mengedukasi Masyarakat Lewat Perekaman Medik

Banyak masyarakat Indonesia, yang mungkin kurang peduli dengan kesehatannya. Ketika ada masyarakat yang sakit, biasanya dokter akan memberi saran untuk melakukan rekam medik. Dengan melakukan rekam medik, maka masyarakat akan mengenal penyakit dan, kemudian mengobatinya.

2. Memperjuangkan Kepentingan Para Anggota

Setiap anggota organisasi, tentunya harus sejahtera dan bahagia.  Tidak hanya mengedukasi penyakit kepada masyakat, tapi PORMIKI juga memperjuangkan kepentingan para anggotanya. Dengan memperjuangkan kepentingan anggota, maka anggota bisa bekerja dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai organisasi HAKLI, dan juga orgnisasi PORMIKI. Kedua organisasi tersebut akan memberikan anda edukasi, mengenai kesehatan lingkungan dan juga kesehatan diri sendiri.

Refrensi:

Pormiki.or.id
Hakli.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *